Jumat, 23 November 2018

Mengenal Terminal Linux Bagian 1

Cover Mengenal Terminal Linux Bagian 1

Bismillahirrahmanirrahim

Terminal di Linux adalah sebuah consule untuk memberikan perintah text kepada operasi sistem. Di terminal kita bisa mengcopy, delete, mengubah nama, menginstall dan menguninstall program, membuka program, dan masih banyak lagi.

Cara membuka terminal, kamu bisa search di menu aplikasi atau menggunakan shortcut Ctrl+Alt+T atau Win+T (Elementary OS).

Gambar Tampilan Terminal Linux
Tampilan Terminal Linux

Di materi Mengenal Terminal Linux Bagian 1 ini kita akan belajar mengenal alamat Directory di linux dan akan terbagi menjadi tiga bagian, yaitu mengetahui alamat directory, melihat isi directory dan berpindah directory.

Sebelum kita masuk ke perintah-pentinah terminalnya saya akan sedikit menjelaskan structur directory linux yang saya ketahui.

Yang pertama ada root atau File System yang di tuliskan / (garis miring), di dalam root ini ada directory atau folder bin, boot, cdrom, dev, etc, home, lib, lib64, media, mnt, opt, proc, root, run, sbin, srv, sys, tmp, usr, var.

Oke karena folder di dalam system file cukup banyak dan sebagian folder saya masih kurang tahu apa fungsinya maka dari itu saya hanya akan menjelaskan folder home dan media.

Home, di dalam folder home ada folder yang namanya username kamu dan di dalam folder User ada folder Desktop, Documents, Downloads, Music, Picture, Public, Templates, Video dan ada juga file dot atau file konfigurasi linux kita.

Media, di dalam folder media ada folder yang namanya username kamu dan di dalamnya ada folder yang namanya sedikit aneh, tapi itu sebenarnya folder disk yang termount (fd atau disk dari dualboot windows dengan linux).

Cara Penulisan Alamat Directory di Linux


Kita sudah tahu bahwa system file atau root adalah directory paling awal di linux dan alamatnya adalah / (garis miring) di dalamnya ada beberapa folder salah satunya home dan cara penulisannya begini /home di dalam home ada folder user penulisannya menjadi /home/khaerun.

Di dalam folder user ada folder Desktop, Documents, Downloads, Music, Picture, Public, Templates, dan Video, apabila kita mau masuk ke folder Documents maka penulisan alamatnya adalah /home/khaerun/Documents. Jadi intinya cara penulisan alamat di linux adalah / (garis miris) + Nama folder/file.

Ingat ! Terminal itu sifat sensitive case, maksudnya huruf kecil dengan kapital berbeda makna contoh /Home dengan /home itu berbeda, maka berhati-hatilah saat menuliskan perintah di terminal linux.

Mengetahui Alamat Directory Di Terminal


1. Buka Terminal Linux

2. Untuk mengetahui alamat directory di terminal kita menggunakan perintah pwd (Print name of current/working directory).

3. Ketik pwd

Gambar Perintah pwd di Terminal Linux

Nah alamat directory yang muncul adalah /home/nameuser, jadi dapat di simpulkan alamat default terminal adalah di /home/nameuser.

Melihat Isi Directory Linux Di Terminal


1. Buka Terminal Linux

2. Untuk melihat isi Directory kita mengguanakan perintah ls (List Directory Contents)

3. Ketik ls

Gambar Perintah ls di Terminal Linux

4. Untuk perintah ls masih ada variasi-variasi penulisannya tapi untuk materi kali ini saya cukupkan dan akan di bahas lebih lanjut pada materi-materi berikutnya.

Cara Berpindah Directory di Linux Menggunakan Terminal


1. Untuk berpindah directory kita menggunakan perintah cd (Change Directory).

2. Buka Terminal Linux

3. Format penulisan perintah cd ada 3, yaitu

Pertama :
cd + alamat (Berpindah directory sesuai alamat)


Gambar Perintah cd + alamat di Terminal Linux

Perhatikan penulisan cd + alamat pada gambar, ada 2 cara yaitu

cd Pictures/
Format penulisan ini di gunakan apabila folder yang kita tuju berada dalam folder posisi kita sekarang contoh posisi directory sekarang ada di /home/khaerun, di dalam folder khaerun ada Pictures maka format penulisan ini berlaku.

cd /home/khaerun/Documents
Format penulisan cd ini di gunakan ketika posisi directory di luar directory sekarang, contoh posisi directory sekarang ada di /home/khaerun/Pictures sedangakan saya ingin ke folder Documents dan di dalam folder Pictures tidak ada folder Documents, maka cara penulisan ini yang digunakan.


Kedua :
cd .. (Berpindah/mundur satu folder)

Gambar Perintah cd .. di Terminal Linux

Coba perhatikan posisi awal ada di /home/khaerun/ dan ketika menggunakan perintah cd .. posisinya berpindah ke /home


Ketiga :
cd (Kembali ke default directory)

Gambar Perintah cd di Terminal Linux

Coba perhatikan posisi awal ada di /home/khaerun/Documents dan ketika menggunakan perintah cd posisinya berpindah ke posisi default terminal.

Sekian Tutorial dari khaerun.com, bila ada tambahan dan koreksi silahkan di tulis di kolom komentar.

Terima Kasih !

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon